Metabolisme lemak dan protein

Sebagian dari karbohidrat diubah langsung menjadi enersi untuk aktifitas tubuh, clan sebagian lagi disimpan dalam bentuk glikogen di hati dan di otot.

Sedangkan jumlah energi yang dihasilkan protein setara dengan jumlah yang dihasilkan karbohidrat dalam berat yang sama. Asam-asam lemak, monogliserida, fosfat, kolesterol bebas dan bahan penyusun lain dari lemak yang terbenuk olah proses pencernaan, diserapke dalam sel mukosa intestine.

Ikatan hidrogen pada karbohidrat akan diubah menjadi ikatan ester pada lemak.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Jika sumber energi dari karbohidrat telah mencukupi, maka asam lemak mengalami esterifikasi yaitu membentuk ester dengan gliserol menjadi trigliserida sebagai cadangan energi jangka panjang. Kelas-kelas itu adalah: Asam amino esensial dapat disintesis oleh tubuh namun tetap diperlukan asupan dari makanan untuk menjaga keseimbangan asam amino tersebut di dalam tubuh Burnama, Bila garam empedu di dalam usus meningkat, lemak dan garam empedu secara spontan membentuk micelles yang merupakan globulus dengan ukuran 3- 6nm yang terdiri dari molekul garam empedu dan molekul lemak yang terutama asam lemak, monogliserida, dan 15 P a g e kholesterol.

Selanjutnya lemak akan memasuki hati, empedu, dan masuk ke dalam usus kecil. Anabolisme merupakan reaksi endorgonik artinya memerlukan energi untuk memulai reaksinya. Selain itu beberapa golongan karbohidrat yang tidak dapat dicerna, mengandung serat dietary fiber berguna untuk pencernaan, memperlancar defekasi.

Sisa trigliserida yang terdeplesi dalam kilomikron, dengan ester kolesterol memasuki hati melalui reseptor khusus. Pada tahap pertama, molekul D-Glukosa diaktifkan bagi reaksi berikutnya dengan fosforilasi pada posisi 6, menghasilkan glukosafosfat dengan memanfaatkan ATP Reaksi ini bersifat tidak dapat balik.

Pengertian dan Fungsi Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein Enzim

Senyawa — senyawa organik hasil siklus krebs akan mengalami transaminasi yaitu pemindahan gugus amina pada senyawa organik lain. Sehingga rasio keduanya harus seimbang.

Keterkaitan Metabolisme Karbohidrat, Lemak, dan Protein

Kilomikron membawa lemak dari usus berasal dari makanan dan mengirim trigliserid ke sel-sel tubuh. Selain itu jika terdapat kelebihan konsumsi protein dan karbohidrat, maka kedua zat ini akan dikonversi menjadi lemak.

Dalam reaksi biokimia terjadi perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain, misalnya energi kimia dalam bentuk senyawa Adenosin Trifosfat ATP diubah menjadi energi gerak untuk melakukan suatu aktivitas seperti bekerja, berlari, jalan, dan lain-lain Kistinnah, Pada tahapan glikolisis tersebut, enzim mentransfer gugus fosfat dari substrat molekul organic dalam glikolisis ke ADP sehingga prosesnya disebut fosforilasi tingkat substrat Rochimah, Kelompok makronutrient yang terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak dalah salah satu komponen nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak.

Jadi, sistem transportasi elektron menghasilkan 34 ATP Rochimah, Molekul protein mengandung unsur-unsur C, H, O, dan unsur-unsur khusus yang terdapat di dalam protein dan tidak terdapat di dalam molekul karbohidrat dan lemak ialah nitrogen (N).

Bahkan dalam analisa bahan makanan dianggap bahwa semua N berasal protein, suatu hal yang tidak benar. Unsur nitrogen ini di dalam makanan mungkin berasal pula dari ikatan organik lain yang bukan jenis protein, Author: Diyan Fi3ya Manurung. · Bagaimana cara menaikkan dan menurunkan berat badan tanpa atau dengan olah raga tanpa ketat diet?

HUBUNGAN KATABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK

Ikuti program 10 atau 20 hari dari program SMARTDETOXAuthor: cara menghilangkan lemak di tubuh. metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein oleh mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun METABOLISME Metabolisme adalah suatu reaksi kimia yang berlangsung dalam tubuh makhluk hidup (reaksi biokimia).

Pengertian ini mencakup dua hal yaitu katabolisme dan anabolisme. · Membantu metabolisme lemak dan protein dengan demikian dapat mencegah terjadinya ketosis dan pemecahan protein yang berlebihan.

4. Di dalam hepar berfungsi untuk. Ini merupakan lintasan yang digunakan pada sintesis senyawapembentuk struktur dan mesin tubuh. Salah satu contoh dari kategori ini adalah sintesis protein.

Metabolisme lemak dan protein
Rated 0/5 based on 63 review