Peta konsep patogenesis dan patofisiologi obesitas

Etiologi Obesitas dapat di sebabkan oleh beberapa faktor antara lainketurunan,pola makan, obat-obatan,psikososial ekonomi, aktivitas, pola pikir dan konsentrasi intake makanan.

Leptin ditransportasikan pada saraf pusat dan berikatan pada reseptor yang terdapat di endotel vaskuler dan epitel pleksus koroideus. Selain itu, meningkatkan kebutuhan oksigen jantung dan dapat menyababkan gangguan irama jantung aritmia serta berbagai kerusakan lainnya Wijayakusuma, Curr Med Chemist ; Obat penghambat ACE misalnya kaptopril akan mencegah pengaktifan angiotensin, sehingga pembuluh darah akan mengalami dilatasi dan tekanan darah akan menurun.

Obesitas dikatakan sebagai kondisi inflamasi didalam tubuh. Keadaan ini akan menyebabkan penurunan saturasi oksigen didalam darah sehingga dapat terjadi hipoksemia dan hiperkapnia. Haynes WG. Pediatric nephrology.

HIPERTENSI DAN OBESITAS PADA ANAK Bagian Ilmu Kesehatan ...

Peningkatan tekanan darah tersebut berhubungan erat dengan tekanan darah pada usia anak, body mass index pada usia anak sampai mencapai usia dewasa, juga dipengaruhi ras dan jenis kelamin.

Korteks adrenal mengsekresi kortisol dan steroid lainnya, yang dapt memperkuat respon vasokontriktor pembuluh darah. Terdapat korelasi yang sangat baik antara IMT dan prosentase lemak tubuh, dimana prosentase lemak tubuh dapat diperhitungkan dengan menggunakan rumus: Karena itu darah pada setiap denyut jantung dipaksa untuk melalui pembuluh yang sempit daripada biasanya dan menyebabkan naiknya tekanan.

Bila terjadi penurunan aliran darah intrarenal dan penurunan laju filtrasi glomerulus, aparatus juksta glomerulus terangsang untuk mensekresi renin yang akan merubah angiotensinogen yang berasal dari hati, angiotensin I.

Percobaan pada hewan menunjukkan pelepasan angiotensinogen jaringan adiposit ke sirkulasi darah berpengaruh pada pembentukan jaringan lemak intraabdominal dibandingkan dengan lokasi lain. Angiotensin II juga merangsang pelepasan aldosteron dari zona glomerulosa kelenjar adrenal sehingga dapat meningkatkan tekanan darah dengan cara retensi natrium dan air.

Suatu perubahan struktur yang dapat ditunjukan, yang ditimbulkan dalam perkembangan penyakit disebut lesi. Ini terjadi karena struktur protein yang menyusun sitoskeleton dicerna oleh enzim peptidase spesifik yang disebut caspase yang telah diaktifkan di dalam sel Kromatin DNA dan protein-protein yang terbungkus di dalam inti sel mulai mengalami degradasi dan kondensasi Kromatin mengalami kondensasi lebih lanjut, menjadi semakin memadat.

Faktor-faktor metabolisme yang menentukan pengeluaran energi meliputi kerja kardio-respirasi, keseimbangan gradien ion dan berbagai aktifitas enzimatik didalam tubuh.

Patofisiologi Penyakit

Penghambat ACE juga efektif diberikan pada anak yang menderita hipertensi renovaskular, penyakit parenkim ginjal, maupun neonatus dengan sumbatan pembuluh darah ginjal. The Fourth report on the diagnosis, evaluation, and treatment of high blood pressure in children and adolescents.

Anak dengan BBL atau obes cenderung lebih banyak mengalami serangan asma atau pembatasan keaktifan fisik.

Konsep Dasar Patofisiologi

Prehipertensi pada anak didefinisikan sebagai nilai rata-rata tekanan darah sistolik atau tekanan darah diastolik lebih besar atau sama dengan persentil ke 90 namun lebih kecil dari persentil ke Obesitas merupakan permasalahan kesehatan global.

Obat golongan ini menyebabkan relaksasi pembuluh darah saat terjadinya peningkatan aliran darah ke jantung, meningkatkan pasokan oksigen ke dalam jaringan dan mengurangi kerja jantung.

Pencegahan kenaikan berat badan berlebih akan mengurangi risiko kenaikan tekanan darah selanjutnya. Obesitas merupakan kelainan metabolisme yang cenderung semakin meningkat prevalensinya dinegara-negara maju maupun negara-negara berkembang sehingga menimbulkan berbagai komorbitas.

Penyakit jantung koroner dan Stroke Penyakit-penyakit ini merupakan penyakit kardiovaskular akibat aterosklerosis. Obstructive Sleep Apnea OSA Obstructive sleep apnea OSA merupakan kelainan pernafasan pada saat tidur, dimana terjadi penurunan aliran udara pada saat bernafas yang akan menyebabkan hipoksemia dan hiperkapnia.

Share this:KATA PENGANTAR. Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan lawsonforstatesenate.comh ini disusun untuk memenuhi tugas dari mata kuliah Sistem Pencernaan lawsonforstatesenate.com makalah ini kami membahas tentang “Obesitas”.

Patofisiologi 3 III. Obesitas dan Tekanan Darah 4 III.1 Aktivasi Saraf Simpatis pada Obesitas 5 III.2 Peranan Leptin pada Obesitas 6 III.3 Aktivasi Sistem Renin-Angiotensin dan Aldosteron pada Obesitas 8 IV.

Tatalaksana hipertensi pada obesitas 8 IV.1 Perubahan gaya hidup 8 IV.2 Terapi Farmakologi 9 V. Ringkasan 10 VI.

Pengertian Patofisiologi Beserta Contohnya

Daftar Pustaka 11 2 HIPERTENSI DAN OBESITAS PADA ANAK I. Pendahuluan. Patofisiologi merupakan gabungan dari kata fisiologi dan patologi. Definisi fisiologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah cabang biologi yg berkaitan dng fungsi dan kegiatan kehidupan atau zat hidup (organ, jaringan, atau sel).

Patofisiologi adalah ilmu yang mempelajari perubahan fisiologis yang diakibatkan oleh proses patologis. Dimana definisi patologis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan ilmu tentang penyakit atau dalam keadaan sakit/abnormal. konsep dasar patofisiologi keperawatan by ingritfury in Types > School Work and konsep dasar patofisiologi keperawatan.

PATOFISIOLOGI Ilmu yang mempelajari gangguan fungsi pada organisme yang sakit meliputi asal penyakit, permulaan perjalanan dan akibat Merupakan ilmu yang bersifat integratif yang menggambarkan konsep-konsep dari banyak ilmu dasar dan klinis, termasuk anatomi, fisiologi, biokimia, biologi sel dan molekuler, genetika, farmakologi dan patologi.

Peta konsep patogenesis dan patofisiologi obesitas
Rated 0/5 based on 79 review