Yang mempengaruhi perubahan berat badan pada wus akseptor kb

Berat badan menurun jika hasil penimbangan berat badan lebih rendah dibandingkan berat badan sebelumnya. Kelebihan zat-zat gizi oleh hormon progesteron dirubah menjadi lemak dan disimpan di bawah kulit.

Sedangkan pada kontrasepsi suntik bulanan efek samping terhadap berat badan sangatlah ringan, umumnya pertambahan berat badan sedikit Hartanto, Bukti menunjukkan kenaikan berat badan selama penggunaan DMPA, hal ini karena dalam kontrasepsi suntik mengandung hormon progesteron dan estrogen.

Faktor ekstern Maksudnya adalah semua faktor yang dapat berpengaruh terhadap perubahan berat badan secara langsung dan bersumber dari luar tubuh. Metode Statistik Inferensial.

Metode ini lebih ditekankan karena MKJP dianggap lebih efektif dan lebih mantap dibandingkan dengan alat kontrasepsi pil, kondom maupun suntikan www. Untuk mengetahui apakah pendidikan berpengaruh terhadap pemilihan alat kontrasepsi IUD. Buku Ajar Asuhan Kebidanan edisi 4.

Perubahan berat badan ini akibat adanya penumpukan lemak yang berlebih hasil sintesa dari karbohidrat menjadi lemak Mansjoer, Martosewojo, S. Alfa Beta. Setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data kemudian dianalisis. Mulyani, N.

Data Collection and Analysis. Sehingga menjadi program nasional dalam rangka mengendalikan jumlah penduduk di Indonesia. Statistika untuk Penelitian. Soedigdo, Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Keberhasilan ini mutlak harus diperhatikan bahkan terus ditingkatkan karena pencapaian tersebut belum merata.

Alfa Beta. Tujuan khusus a. Metodologi Penelitian.

Hal ini berarti perubahan berat badan tidak berpengaruh terhadap tingginya akseptor KB dalam memilih metode KB suntik 3 bulan, karena selain responden masih nvaman dengan penakaian KB suntik 3 bulan mereka tetap akan mernilih KB suntik 3 bulan meskipun berat badan mereka sudah bertambah.

Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2 Edisi 3. Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2 Edisi 3.

Buku Ajar Asuhan Kebidanan edisi 4. Statistika Untuk Penelitian. Faktor ekstern Maksudnya adalah semua faktor yang dapat berpengaruh terhadap perubahan berat badan secara langsung dan bersumber dari luar tubuh.

Hubungan Antara Kb Suntik Dengan Perubahan Berat Badan Efek samping utama bagi beberapa akseptor pemakai kontrasepsi suntik adalah kenaikan berat badan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua akseptor aktif KB suntik 3 bulan minimal 4x penyuntikan di desa Puri semanding kecamatan plandaan kabupaten Jombang dengan sampelnya adalah seluruh akseptor aktif KB suntik 3 bulan minimal 4x penyuntikan yaitu 41 orang.

Dan jenis kontrasepsi suntikan yang lain yaitu suntikan kombinasi. Bagi Peneliti Penelitian ini sangat berguna untuk menambah pengalaman dan wawasan dalam penelitian serta sebagai bahan untuk menerapkan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah.

KIE Jelaskan sebab terjadinya perubahan berat badan, sehingga ibu atau akseptor tidak merasa khawatir dengan kondisi nya.

Gerakan KB Nasional selama ini telah berhasil mendorong peningkatan peran serta masyarakat dalam membangun keluarga kecil yang makin mandiri.Oleh karena itu pada pernakaian kontrasepsi ini sering dikeluhkan adanya penambahan berat badan.

Untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kejadian perubahan berat badan yang dialami akseptor kontrasepsi suntik maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kontrasepsi 5 suntik dengan perubahan beratbadan. Dari survey awal yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa akseptor KB suntik banyak yang mengalami perubahan berat badan, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Perbedaan Perubahan Berat Badan Antara Akseptor KB Suntik 1 Bulan Dengan Akseptor KB Suntik 3 Bulan di Desa Terung Wetan Krian-Sidoarjo ”.

1. Menurut ibu, efek samping apa yang sering terjadi pada KB suntik 1 bulan? A. Perubahan berat badan B. Badan lemas dan ngantuk C. Mengganggu tumbuh kembang bayi 2. Menurut ibu, apa yang menyebabkan bertambahnya berat badan pada pengguna KB suntik 1 bulan?

A. Bertambahnya lemak tubuh B. Retensi cairan tubuh C. Bengkak dst. Berdasarkan data yang di peroleh dari BPS Statistik Kesejahteraan Rakyat di Indonesia pada tahunjumlah akseptor KB suntik menduduki tingkat pertama (51,08%), dan untuk tingkat Propinsi berjumlah peserta, sedangkan hasil survey BKKBN Kabupaten Lampung Timur (Desember ) jumlah PUSakseptor KB suntik dan untuk.

KTI KEBIDANAN: FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEENGANAN AKSEPTOR KB UNTUK MENGGUNAKAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI PUSKESMAS. BAB I. PENDAHULUAN. Latar Belakang. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan berbagai jenis masalah.

PERUBAHAN BERAT BADAN PADA PESERTA KONTRASEPSI SUNTIK

Pemakaian kontrasepsi suntik baik kontrasepsi suntik bulanan maupun tribulanan mempunyai efek samping utama yaitu perubahan berat badan.

Faktor yang mempengaruhi perubahan berat badan akseptor KB suntik adalah adanya hormon progesteron yang kuat sehingga merangsang hormon nafsu makan yang ada di hipotalamus.

Yang mempengaruhi perubahan berat badan pada wus akseptor kb
Rated 4/5 based on 88 review